Tuesday, February 08, 2011

Moka Pot - Brewing Test

Akhirnya setelah beberapa kali percobaan,
bisa juga ngerasain espresso dari hasil brewing dengan menggunakan Moka Pot.

Ternyata Moka Pot yang gue beli,
yang ukuran 6 pot,
terlalu kecil untuk diletakkan di tas penyangga panci/wajan di kompor gas rumah gue.
Lebih kurang kayak gini de...

keliatan nggak, kalo moka pot-nya gue letakin langsung di gas burner-nya?
btw yeps, ini kompor gas yang ada di rumah gue,
yang sehari-hari dipake ama bini gue buat masak makanan yang enak dan oleh gue mostly buat masak mie instan:P

Anyway,
setelah beberapa lama nunggu, akhirnya espresso-nya bisa "muncrat" juga:D
Setelah beberapa eksperimen, gue bisa simpulkan, kalo better pake air panas...
Biar lebih cepat jadi dan rasanya juga lebih nendang kalo pake air panas, ketimbang pake air suhu kamar atau air dingin.
btw gue pakenya air panas dari dispenser Aqua, jadi nggak repot ngerebus dulu...
Hati-hati ya, kalau pake air panas, mending handle moka pot-nya pake kain yang agak tebal, apalagi kalau Moka Pot-nya yang kayak gue punya, langsung panas soalnya...

Nah, yang pengen tahu Espresso-nya keluar dari mana, liat gambar di bawah ya, biar nggak penasaran lagi:P

Another tips,
pakai bubuk kopi yang gilingannya nggak terlalu halus...
Waktu gue pake bubuk kopi yang halus,
hasilnya malah kurang bagus...
Eksperimen aja,
bagus lagi kalo bisa giling sendiri biji kopinya, jadi bisa eksperimen dengan lebih enak:P

Trus kopinya nggak usah terlalu dipadetin,
tekanan air panas+uap udah cukup kok,
kalo terlalu dipadetin takutnya air panasnya nggak bisa nembus bubuk kopinya

Ni gambar setelah proses bikin Espresso-nya, keliatan banget kan, bubuk kopinya keteken dengan keras...
surprisingly, bubuk kopinya ngebentuk kayak puck gitu lo...
keras...

Ini hasil akhirnya...
6 cups of Espresso...

btw gue pake mug-nya JCo, nggak keliatan gede ya?
6 cups-nya itu Espresso cup lo...
Bukan 6 gelas...

O iya,
untuk eksperimen yang ini,
gue pakenya kopi Kirrin yang kopi jantan (Peaberry).

No comments: