Monday, April 08, 2013

Konfigurasi Wifi pada Raspberry Pi

Setelah punya platform Raspberry Pi yang waktu itu gue ceritain, pengen juga bisa akses Raspberry Pi gue tanpa UTP cable gue yang panjang itu. Caranya? Go wireless pake Wifi.

Step pertama, browsing-browsing, cari Wifi Dongle, kriterianya:

  1. Bisa dibeli secara online
  2. Murah
  3. Kecil
setelah browsing-browsing, akhirnya nemu Tenda W311MI di bhinneka.com, yang:
  1. Bisa dibeli secara online, nemunya di dot com gitu loh...
  2. Relatif murah +dapat promo free ongkir
  3. Kecil, ni foto kemasannya

Ni Wifi Dongle emang kecil banget, barely noticed di body Raspberry Pi gue:

Setelah Wifi Dongle-nya ditancepin ke body Raspberry Pi, next step edit file /etc/network/interfaces, ni hasil filenya setelah gue edit:

btw gue editnya menggunakan vi

konfig di atas adalah untuk:
  1. Otomatis start wlan0 -> otomatis start Wifi
  2. IP nya dikonfigurasi dengan DHCP
  3. wpa-ssid -> nama Wifi yang akan kita koneksikan, di rumah gue pake Access Point WPA2
  4. wpa-psk -> password yang sudah diconvert dengan wpa_passphrase
Berikut ini contoh cara jalanin wpa_passphrase
Selesai deh,
reboot Raspberry Pi nya,
lalu harap-harap cemas,
sambil memantau DHCP Client table di aplikasi router Wifi gue...

Dan jeng jeng!!! Ada!:D

lalu coba ssh menggunakan putty dan bisa!!!! Hore!!!!



No comments: